Jenis-Jenis Taman

 

  1. Taman Mediterania

 

 

 

 

Taman Mediterania adalah gaya taman yang bernuansa iklim yang kering dan panas. Taman mediterania akan terlihat semakin hidup dengan adanya beberapa jenis tanaman tertentu seperti Nolina, Agave, Sikas, Yuka, kaktus, agave, dan berbagai tanaman lainnya yang sedikit membutuhkan air. Sebagai elemen pelengkapnya, elemen batu pun dipilih yang berwarna pucat dengan berbagai ukuran. Beberapa ornamen taman seperti lampu taman, pot dengan tambahan fitur penyangga, patung, batu koral, dan kolam ikan pun dapat dijadikan sebagai pelengkap Taman Mediterania. Tanah yang masih terlihat selain dapat ditutupi dengan groundcover sering ditutupi dengan pasir atau kerikil-kerikil kecil berwarna krem, sehingga menimbulkan kesan yang kering dan panas. Taman Mediterania memang cenderung kaku, yang mana terlihat sederhana dan simetris.. Namun, taman Mediterania juga menjadi minat karena selain perawatannya yang minimalis juga hanya memerlukan pemangkasan dan air agar terlihat tetap rapi.

 

  1. Taman Jepang

 

 

 

 

Taman jepang merupakan jenis taman yang diadaptasi dari negri matahari terbit . taman jenis ini tentu saja memiliki ciri khas berupa tanaman dan ornamen khas jepang seperti : bonsai , bambu , lonceng angin , batu dan kolam koi .

 

  1. Taman Minimalis

 

 

 

 

Minimalis mengarah kepada sisi kesederhanaan yang berkesan bagus, indah dan elegan begitu pula dengan Taman Minimalis merupakan taman yang di bangun di sebuah lahan taman dengan design yang cukup sederhana tetapi elegan.

 

  1. Taman Kering

 

 

 

 

taman kering adalah dominasi unsur bebatuan, pasir, dan pengerasan pada bagian-bagian tertentu. Taman kering juga sepatutnya simple dan tidak terlalu banyak pohon. Merawat taman kering juga lebih mudah karena tidak memerlukan penyiraman rutin. taman kering memiliki banyak manfaat lain, antara lain: membuat udara dalam rumah terasa sejuk, memperlihatkan unsur estetikanya.

Jika taman kering berhubungan dengan udara luar berarti taman kering juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran angin. Bedanya cuma unsur air yang kurang, jenis tanaman, dan faktor kecukupan cahaya.

 

  1. Taman Klasik

 

 

 

 

Taman Klasik konsepnya sangat berbeda dengan taman minimalis, taman klasik lebih cenderung menampilkan tanaman campuran, rapi dan, dan bisa di tambah ornament seperti patung dan batu batuan atau tebing, relief 3 dimensi, untuk pembuatan taman klasik hindarilah bentuk kotak dan kaku. selain sebagai sarana memperindah rumah , taman kelasik biasanya dapat digunakan sebagai sarana bermain mengingat luas areanya yang cukup mendukung .

 

  1. Taman Eropa

 

 

 

 

Desain taman gaya Eropa biasanya berukuran besar dengan aneka warna bunga didalamnya. Pilihan rumput pun dari jenis yang berkualitas sehingga dapat dipotong dengan rapi atau dibentuk sedemikian rupa seperti lingkaran bergelombang atau labirin. Bentuk dari taman khas Eropa ini terlihat begitu elegan dipadu dengan keindahan bunga Eropa serta berbagai ornamen lain misalnya hiasan patung dan pancuran air. Bunga-bunga yang menghiasi taman ini akan terlihat semakin cantik apabila diimpor langsung dari Eropa. Satu hal yang harus diingat, Indonesia mempunyai iklim tropis sehingga bunga-bunga khas Eropa ini memerlukan suhu rendah supaya bisa tumbuh subur seperti dinegaranya.

Taman Gaya Eropa ini banyak juga sangat diminati oleh banyak orang karena taman gaya eropa ini sangat indah penampakan visualnya dan berwarna-warni.

 

  1. Taman Vertical

 

 

 

 

Taman Vertical adalah konsep taman tegak, yaitu tanaman dan elemen taman lainnya yang diatur sedemikian rupa dalam sebuah bidang tegak. Vertical Garden juga sering disebut dengan vertical Landscapeyang merupakan hasil kreasi inovatif untuk menumbuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media pertumbuhan, dengan keberhasilan menemukan sistem pertumbuhan tersebut menyebabkan berkurangnya beban yang harus ditopang pada dingding / tembok sebagai area taman . jenis tanaman yang dapat digunakan untuk taman vertikal biasanya cukup terbatas.

 

  1. Taman Bali

 

 

 

 

taman bali adalah salah satu konsep taman dalam negeri yang sangat banyak yang peminatnya saat ini . Terinpirasi dari kebudayan masyarakat Bali , penggunan gazebo , patung , kolam danĀ  pintu gerbang khas arsitektur Bali merupakan hal yang wajib dimiliki .

Sisa lahan sedikit di pojok rumah Anda dapat disulap menjadi taman Bali cantik yang dapat membawa suasana Bali di rumah Anda. Anda dapat menikmati keindahan dan pesona Bali dari rumah Anda. yang perlu dingat , Taman Bali memiliki karakter yang sangat kuat sehingga tidak semua rumah dapat dipadukan dengan taman jenis ini .

 

 

Bagaimana menurutmu ? menarik bukan ?

Taman mana yang menjadi pilihan favoritmu ?

Sekian dari kami tentang jenis-jenis taman, Semoga artikel ini sangat berguna dan menjadi inspirasi untuk anda